Student Journal Of Early Childhood Education (SJECE) Resmi Raih Akreditasi Sinta 5: Komitmen Terhadap Mutu Ilmiah dan Pengembangan PAUD

Oleh: Mita Sari . 22 Maret 2025 . 05:07:28

pgpaudfipung.  Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh jurusan S1 PG-PAUD FIP UNG. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  yang berfokus pada pengembangan ilmu dan praktik pendidikan anak usia dini (PAUD), berhasil meraih akreditasi nasional peringkat SINTA 5 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan nomor SK 10/ C/C3/DT.05.00 / 2025.  Pencapaian ini merupakan hasil dari proses evaluasi dan seleksi yang ketat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui sistem akreditasi jurnal nasional (ARJUNA). Melalui penilaian terhadap kualitas artikel, tata kelola penerbitan, konsistensi terbitan, serta relevansi topik dengan kebutuhan keilmuan, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dinyatakan layak meraih peringkat SINTA 5. Ketua Jurusan S1 PG PAUD Yenti Juniarti, S.Pd, M.Pd mengucapkan selamat kepada pengelola jurnal SJECE atas keberhasilan yang diraih ini

Tonggak Penting dalam Perjalanan Akademik

Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed, selaku Editor in Chief, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan ini. “Kami merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian ini. Akreditasi SINTA 5 merupakan wujud pengakuan atas dedikasi tim redaksi, para penulis, reviewer, dan seluruh mitra kami yang selama ini bekerja keras menjaga kualitas dan relevansi jurnal,” tuturnya. Ia menambahkan bahwa keberhasilan ini bukan akhir, tetapi awal dari komitmen jangka panjang untuk terus meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan jurnal ke skala nasional dan internasional. “Kami bertekad untuk menjadikan jurnal ini sebagai wadah utama publikasi ilmiah di bidang PAUD, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi di lapangan.”

Mendukung Kemajuan PAUD di Indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, jurnal ini telah menerbitkan artikel-artikel yang membahas berbagai isu krusial dalam dunia PAUD, mulai dari strategi pembelajaran berbasis bermain, pendidikan karakter sejak dini, hingga pentingnya pelibatan orang tua dalam proses pendidikan anak. Dengan status SINTA 5, jurnal kini memiliki posisi strategis dalam memfasilitasi pertukaran gagasan, inovasi, dan hasil penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Redaksi berharap keberhasilan ini menjadi motivasi bagi para peneliti muda, guru PAUD, dan akademisi untuk terus menulis dan mempublikasikan karya-karya ilmiah yang bermutu demi mendukung pendidikan masa depan bangsa.

 

 

Agenda

7 Agustus 2024

RAPAT JURUSAN

Pembahasan Program Magang dan Program mengajar di sekolah (PMS) Jurusan PG-PAUD FIP Tahun Akademik 2024/2025 Ganjil

6 Agustus 2024

Sosialisasi dan Pengisian Survei Evaluasi Kinerja Organisasi Berdasarkan Surat dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Nomor: 1019/UN47.4/TU/2024

Menindaklanjuti hasil evaluasi SAKIP UNG tahun 2023 dan pemenuhan kewajiban UNG dalam pengisian survey Evaluasi Kinerja Organisasi yang melibatkan Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan