Perjalanan Waode Eti Hardiyanti: Meraih Mimpi di Negeri Paman Sam melalui Beasiswa BPI Di University Of Rochester America

Oleh: Waode Eti Hardiyanti . 19 Agustus 2024 . 21:31:06

PGPAUDFIPUNG. Mendapatkan beasiswa bukanlah sebuah hal yang mudah, dibalik semua itu terdapat perjuangan panjang yang penuh dedikasi. Hal ini pula lah yang dialami oleh dosen di jurusan PG-PAUD FIP UNG, Waode Eti Hardiyanti yang berhasil meraih beasiswa BPI di Universitas Of Rochester di America untuk melanjutkan studi doktornya. Keberhasilan ini merupakan hasil perjuangan serta ketekunan mengejar pendidikan serta pengembangan diri.

Saya merupakan Dosen Jurusan PGPAUD UNG, yang mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) melalui program pathway PPG/LPTK Kemendikbud Ristek tahun 2023. Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh civitas akademik UNG, khususnya Pak Rektor yang sejak awal saya terangkat menjadi CPNS di tahun 2019 selalu memotivasi kami para dosen muda untuk melanjutkan studi kekampus-kampus terbaik tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia.Hal ini selaras dengan program Fakultas Ilmu Pendidikan untuk mendukung pengembangan SDM utamanya di jurusan PGPAUD.

Awal saya mengikuti  program ini, dimulai dari adanya program pengayaan bahasa yang di lakukan UPT Bahasa UNG tahun 2022, dibawah arahan Ibu Prof. Karmila Mahmud, PhD dan Ibu Titien Fatmawaty Mohammad, S.Pd, M.App Ling ,selaku kepala UPT. Pelatihan selama 3 bulan lalu kami diberikan kesempatan mengikuti test IELTS. Setelah mendapat skor yang cukup, di tahun 2023 saya mendaftar di tiga beasiswa BPI dan LPDP yang keduanya lolos serta Fulbright yang terpaksa saya tolak untuk mengikuti wawancara karena sudah mendapat beasiswa lain.

Lalu setelah itu, saya memutuskan mengambil BPI karena BPI menyediakan program pendampingan di Malang selama 3 bulan lalu 3 bulan lainnya secara online untuk mengambil tes English iBT dan mendaftar kekampus di Amerika, serta biaya fully funded untuk program PhD saya. Alhamudlilah, saya di terima  di dua kampus yaitu University of Rochester dan Pennsylvania State University. Saya lalu memutuskan mengambil  PhD di Warner School of Education, University of Rochester karena riset dan supervisor yang cocok research interest saya.

Selama awal hingga pertengahan tahun 2024, saya disibukkan mengurus visa, test kesehatan, dan keperluan administrasi kampus tujuan saya lainnya. Alhamdulilah tanggal 13 Agustus 2024, saya berangkat ke Rochester dan telah sampai dengan selamat.

Untuk itu, saya sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada BPI Kemdikbudristek, seluruh Pimpinan Universitas Negeri Gorontalo, Pimpinan Fakultas saya, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan segenap dosen di jurusan PGPAUD.

Agenda

7 Agustus 2024

RAPAT JURUSAN

Pembahasan Program Magang dan Program mengajar di sekolah (PMS) Jurusan PG-PAUD FIP Tahun Akademik 2024/2025 Ganjil

6 Agustus 2024

Sosialisasi dan Pengisian Survei Evaluasi Kinerja Organisasi Berdasarkan Surat dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Nomor: 1019/UN47.4/TU/2024

Menindaklanjuti hasil evaluasi SAKIP UNG tahun 2023 dan pemenuhan kewajiban UNG dalam pengisian survey Evaluasi Kinerja Organisasi yang melibatkan Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan